blog-indonesia.com JADILAH MANUSIA YANG BERGUNA BAGI MANUSIA LAINNYA blog-indonesia.com

Jumat, 10 Juli 2009

Harddisk Bad Sector Bisa di Perbaiki?

Suatu ketika, seorang rekan memeriksa kondisi suatu hard disk dengan sebuah peranti lunak. Ia merasa hard disknya kurang beres. Ternyata, dugaannya benar. Hasil uji peranti itu menyatakan bahwa ada bagian atau sektor tertentu pada hard disk yang rusak (bad sector), dan kerusakannya mengkuatirkan. Peranti itu pun memberi tahu kalau ia sebaiknya bersiap untuk mengganti hard disk karena kemungkinan terjadi crash sangat besar.

Wah, perlukah kita mengganti hard disk? Apa sudah tidak bisa diperbaiki?Saran PCplus, ada baiknya coba perbaiki hard disk itu dulu. Siapa tahu masih bisa bekerja lagi. Maklum, sebagian besar hard disk yang beredar di sekarang ini memiliki sektor cadangan. yang ditujukan untuk kondisi seperti ini. Kalau Anda bisa memanfaatkan sektor cadangan itu, Anda bisa menunda pembelian hard disk baru.

Kalau pakai Windows XP, jalankan MS-DOS Prompt. Ketikkan perintah “chkdsk /R” lalu tekan [Enter]. Perintah itu akan mencari membuat Windows mencari posisi bad sector dan mengembalikan data atau informasi yang masih bisa dibaca.
Siapa tahu Anda masih pakai Windows 95, Windows 98, atau Windows Millenium, coba pakai Scandisk bawaan sistem operasi memiliki opsi untuk melakukan pemindaian sekalian perbaikan seadanya.


Cara barusan adalah tindakan cepat yang bisa Anda lakukan apabila Anda mencurigai hard disk punya bad sector. Kalau cara tadi tidak sukses, coba cara ini.

Pakai Utiliti, Anda bisa pakai peranti yang mampu menghilangkan logic bad sector dan memperbaikinya. Asal tahu saja, bad sector dibagi jadi dua: logic dan physic. Peranti itu membuat hard disk kembali bekerja dengan “menghapus” bad sector-nya.

Hard disk biasanya dipaketkan dengan suatu peranti lunak untuk fungsi manajemen sekaligus perbaikan. Misalnya, Maxtor dan Quantum punya MaxBlast, Samsung punya ClearHDD, Seagate punya Seagate Format, Western Digital punya Old DLG Diagnostic, dan Fujitsu punya FJ-IDE Drive Initializer Utility.

Jika hard disk masih rusak setelah diperbaiki dengan peranti seperti SpinRite, barangkali memang sudah waktunya Anda mengganti hard disk baru.

ASAL TAHU SAJA: Mengenal Bad SectorBad sector bukan masalah baru pada hard disk. Kasus bad sector sudah sering muncul dari zaman dahulu. Sebagian besar kasus bad sector yang muncul adalah rusaknya satu atau rentetan blok di hard disk. Rusak itu bisa secara logika atau fisik. Kalau bad sector fisik terjadi karena adanya kerusakan fisik pada hard disk.

Bad sector logika tidak terjadi karena faktor fisik. Faktor yang menyebabkan munculnya bad sector ini adalah operasi baca atau tulis yang terganggu di suatu sektor. Gangguan itu sendiri bisa disebabkan oleh virus, boot record yang korup, gangguan tegangan listrik, dan lain-lain.

Jika ini yang terjadi, Anda butuh peranti lunak perbaikan hard disk yang biasanya merupakan bawaan sistem operasi atau hard disk itu sendiri. Utiliti itu (diharapkan) mampu memperbaiki bad sector yang terbentuk secara logika.

Peranti lunak itu sebetulnya tidak memperbaiki sektor yang rusak, tapi cuma disembunyikan. Kerusakan tetap ada tetapi sistem operasi mengabaikannya. Cara kerjanya kira-kira seperti ini. Peranti lunak akan mengembalikan orientasi magnet hard disk untuk membuat setiap byte dapat dibaca dan ditulis sehingga memungkinkan recovery hard disk. Peranti perbaikan biasanya disediakan oleh produsen hard disk yang bersangkutan, sehingga dapat digunakan dengan mudah serta cukup membantu dalam banyak kasus permasalahan hard disk.

Pada hard disk, bad sector dapat menyebar dan merusakkan track 0 hard disk karena track tersebut tidak ikut diformat. Problem ini juga membuat Anda tidak bisa menginstal atau menyalin data karena akan menimbulkan error.

2 komentar:

  1. Thanks for the info. Hmmm, ada tips untuk menjaga kualitas hard disk supaya lebih tahan lama?

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

    BalasHapus
  2. oya tambahan dikit mas, Semua kerusakan Hardware 80% ada di power supply, untuk hardware biar awet carilah power supply yang tru power....

    makasih mas udah kunjungi blog saya.. http://firtstest.wordpress.com

    BalasHapus